Manfaat Menggambar pada Anak (Meningkatkan Motorik Halus)

Peranan Kegiatan Menggambar Dalam Meningkatkan Motorik Halus

Motorik halus anak adalah gerakan yang menggunakan otot-otot halus atau sebagian anggota tubuh tertentu, yang dipengaruhi oleh kesempatan untuk belajar dan berlatih.

Misalnya kemampuan memindahkan benda dari tangan, mencoret-coret, menyusun balok, menggunting, menulis, menggambar, dan sebagainya.

Sujiono, dkk (2007: 37) menyatakan bahwa :

koordinasi gerak halus antara tangan dan mata dikembangkan melalui permainan seperti membentuk dengan tanah liat plastisin, menggambar, mewarnai dan menggunting.
Kemampuan gerak motorik halus akan berpengaruh pada kesiapan memegang pensil secara benar. Kemampuan daya lihat juga  merupakan gerakan halus lain yang dapat melatih kemampuan melihat ke arah kanan dan kiri.

Keadaan ini sesuai dengan penelitian Sumantri (2005: 144) bahwa :
motorik halus penting karena ini nantinya akan dibutuhkan anak dari segi akademis. Kegiatan akademis tersebut seperti menulis, menggunting, menjiplak, mewarnai, melipat, menarik garis dan menggambar. 

Hal ini sejalan dengan pendapat Sugiyanto (2006:320) bahwa :

penguasaan motorik halus penting bagi anak, karena seiring makin banyak keterampilan motorik yang dimiliki semakin baik pula penyesuaian sosial yang dapat dilakukan anak serta semakin baik prestasi di sekolah.

Ada tiga aspek yang diamati dalam meningkatkan motorik halus melalui kegiatan menggambar, sebagai berikut:


1. Kelenturan 

Menggambar sebagai salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak yang melibatkan otot, syaraf,otak, dan jari jemari tangan. Ketika menggambar, jari jemari tangan anak dilatih kelentuannya sehingga dapat memegang pensil dengan benar. Melihat dari hasil pengamatan pada minggu pertama, pihak guru perlu membimbing anak dengan metode dalam menggambar dan motivasi agar kelenturan tangan mereka saat menggambar lebih berkembang.


2. Gerakan mengoles warna 

Gambar adalah tergolong jenis karya seni rupa dua dimensi artinya hanya memiliki permukaan yang ditentukan oleh ukuran panjang dan lebar. Oleh karena itu, gambar dapat dituangkan pada bahan-bahan yang berkarakter memiliki permukaan, baik permukaan datar maupun melengkung. Melalui menggambar anak dapat merekfleksikan kebutuhan jiwa dan fisiknya (gerakan tangan) yang dapat dituangkan melalui berbagai media Segala sesuatu yang ada hubungan dengan gerakan-gerakan tubuh, dalam hal ini otot, syaraf dan otak merupakan bagian dari motorik. Keterampilan motorik anak merupakan kemampuan seorang anak melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pengendalian gerak dan kemampuan memusatkan perhatian, salah satunya melalui gerakan mengoles warna pada gambar. Gerakan ini dapat merangsang jari jemaria anak untuk lebih terampil dan dapat meningkatkan motorik halus anak.


3. Menggambar sesuai bentuk 

Kata menggambar atau kegiatan menggambar dapat diartikan sebagai memindahkan satu atau beberapa objek ke atas bidang gambar tanpa melibatkan emosi, perasaan dan karakter penggambarnya. Pemindahan ini dalam pengertian pemindahan bentuk atau rupa dengan memperkecil atau memperbesar ukuran keseluruhan yang untuk kepentingan tertentu dapat juga mempergunakan skala perbandingan (perbandingan ukuran) secara akurat. Hasil gambarnya menunjukkan kreativitas maupun keterampilan penggambar dalam menampilkan ketepatan bentuk maupun jenis benda yang digambar. Di Taman Kanak-kanak ini menggambar sesuai bentuk tidaklah seperti penggambar dewasa, tetapi anak hanya dituntuk untuk dapat menggambar sesuai pola yang telah diajarkan oleh guru tanpa dilihat dari ukuran maupun hasil gambarnya yang tepat seperti keadaan benda yang sebenarnya. Melihat dari hasil pengamatan pada minggu pertama yang masih kurang maksimal. Maka guru perlu memaksimalkan motivasi, bimbingan dan latihan yang dapat memunculkan minat anak. Guru juga perlu menguasai teknik menggambar sesuai bentuk yang menyenangkan sehingga membuat anak lebih tertarik lagi belajar menggambar dan menghasilkan karya yang terbaik.


dikutip dari :Arni  Anggriyani
Judul :  PERANAN KEGIATAN MENGGAMBAR DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK DI KELOMPOK B TK BUNGAMPUTI DWP UNTAD PALU

Sumber Lainnya :http://www.bioon.com/bioline/neurosci/course/spinal5.gif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar