Menurut Sumanto (2007:86)
ada beberapa peran pendidik dalam perkembangan
kreativitas antara lain
(1)menerima anak sesuai tingkat perkembangannya serta
kelebihan dan kekurangannya,
(2)upayakan lingkungan yang nyaman sesuai usia
anak,
(3)rencanakan kegiatan dan sediakan bahan-bahan kreatif dan inovatif,
(4)jika anak mengalami kesalahan dan kegagalan janganlah menunjukkan
kekecewaan tetapi berikan motivasi untuk mencoba lagi sehingga anak
memperoleh pengalaman keberhasilan.selain pendidik di sekolah, lingkungan
keluarga atau orang tua juga perlu memberikan kesempatan dan dorongan kepada
anak-anak untuk mengembangkan kreativitasnya. Rasa aman di lingkungan
merupakan kondisi yang penting bagi tumbuhnya kreativitas anak.
Sumber : Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta:
Depdiknas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar